Orang munafik
orang yang berkata dusta merupakan salah satu tanda orang munafik

Orang yang berkata dusta merupakan salah satu tanda

Posted on

Orang yang berkata dusta merupakan salah satu tanda

A.  Pengertian Munafik

Kata munafik di dalam Alquran yang berbunyi Nafaqu disebut sebanyak 2 kali, an-nifaq sebanyak 1 kali, nifaqon berjumlah 2 kali, munafiqatu 5 kali, munafiqin sebanyak 8 kali, munafiqun sebanyak 19 kali dan Nafaqon sebanyak 1 kali.

Kata munafik berasal dari bahasa arab yang memiliki makna dasar membuat lubang di bumi. Sedangkan munafik adalah istilah bagi pelaku dari sesuatu atau seseorang yang memiliki sifat nifaq. Munafik secara singkat memiliki makna buat-buat atau pura-pura dari kata dasar nifaq artinya kepura-puraan yaitu keluar dari keimanan secara diam-diam. Munafik berasal dari kata nafaqon yang memiliki arti zahirkan apa yang berlainan dari batin. Orang yang berkata dusta merupakan salah satu tanda atau ciri dari munafik.

Pembahasan berikut akan mengulas mengenai munafik, jenis-jenisnya serta karakteristiknya berdasarkan Alqur’an.

B.  Jenis-jenis Munafik

1.  Nifaq ashgar

Nifaq asghar adalah jika perbuatannya yang tampak berbeda dengan apa yang diperintahkan oleh syariat Islam.
Adapun contoh perilaku yang termasuk ke dalam nifaq asghar, yakni sebagai berikut.

  • Orang yang berkata dusta merupakan salah satu tanda dari nifaq kecil,
  • Orang yang melanggar janji
  • Orang yang berkhianat, tidak dapat dipercaya.
  • Melakukan perbuatan curang yaitu melalui cara yang keluar dari akhlak yang luhur.
  • Melakukan penipuan

2.  Nifaq Akbar ( nifaq ‘Itiqadi atau Nifaq iman )

Nifaq Akbar adalah menyembunyikan kekufuran dalam hati dan menampakan keimanan dalam lisan dan perbuatan. Jenis nifaq ini dapat mengakibatkan batalnya amal, kekal di neraka, tidak akan mendapat ampunan Allah, darah dan jiwa serta hartanya halal, menyebabkan keluar dari Islam, nifaq aqidah.
Adapun contoh dari jenis nifaq akbar yaitu:

  • Mendustakan Rasulullah shalallahu ‘alaiahi wasallam baik sebagian maupun keseluruhan
  • Mendustakan sebagian atau semua ajaran yang di sampaikan oleh Rasulullah .
  • Memendam kebencian kepada Rasulullah shallalahu ‘alaihi wasaalam
  • Merasa senang dengan kekalahan agama Rasulullah
  • Merasa benci dengan kemenangan agama Rasulullah

C.  Karakteristik Munafiq

1. Karakteristik orang munafik berdasarkan surat Al-baqarah ayat 8-20

Karakteristik orang munafik dalam disebutkan berdasarkan dalam Al-qur’an surat Al-Baqarah ayat ke 8 sampai ke 20 Abdurahman Faudah mengemukakan, di antara ayat-ayat Alquran yang menjelaskan mengenai nifaq terdapat 13 ayat secara berurutan dalam surat Al-Baqarah yaitu sebagai berikut.

a. Memiliki karakter seperti binatang busuk, sebab orang munafik memiliki kemampuan, kepandaian dan tipu muslihat seperti binatang atau al-yarbu’, di mana bisa masuk dari satu pintu lalu ke luar dari pintu yang lain.

b. Orang yang berkata dusta merupakan salah satu tanda atau karakter orang munafik berdasarkan firman Allah dalam surat Al-baqarah ayat 8.

c. Orang munafik memiliki karakter suka menipu Allah dan orang mu’min, dengan menampakan keimanan dan menyembunyikan kekufuran, hal tersebut disebutkan dalam surat Al-baqarah ayat 9. Sehingga tipu daya tersebut dikenal sebagai tipu daya yang mana biawak biasa bersembunyi di dalam batu apabila penjaganya datang, lalu dia keluar dari jalan yang lain.

d. Memiliki berbagai macam penyakit hati, seperti hasad, dengki, dan mengikuti hawa nafsu. Hal tersebut disebutkan dalam surat Al-baqarah ayat 10.

e. Memiliki karakter berbuat kerusakan. Disebutkan dalam firman Allah dalam surat Al-baqarah ayat 11 dan 12.

f. Kurang akal atau bodoh. Ketika mereka diseru untuk beriman mereka menilai bahwa berimannya orang mu’min itu merupakan kebodohan padah sebetulnya mereka lah yang bodoh namun merasa benar. Hal tersebut sesuai dalam firman Allah dalm surat Al-Baqarah ayat 13.

g. Tidak tetap pendirian dan bermuka dua. Dalam surat Al-baqarah ayat 14-15 disebutkan bahwa orang munafik mengakui beriman kepada orang mu’min namun setelah itu dia kembali kepada setan-setan dan berkata pengakuan keimanan tersebut hanya bermain-main semata. Maka Allah biarkan mereka dalam kesesatan.

h. Perdagangan yang rugi. Dalam surat Al-baqarah ayat 16 disebutkan orang munafik itu seperti melakukan perdagangan yang rugi karena telah membeli kesesatan dengan petunjuk. Berada dalam kesesatan, berdasarkan firman Allah dalam surat Al-baqarah ayat 17 disebutkan Allah akan melenyapkan cahaya dan membiarkan mereka dalam kegelapan sehingga tidak dapat melihat.

j. Tidak berfungsinya alat indra. Orang munafik itu tuli, bisu, dan buta , sehingga mereka tidak dapat kembali. Itulah yang disebutkan dalam surat al-baqarah ayat 18-20. 12

2.  Karakteristik orang Munafik dalam Surat Al-Munafiqun

Dalam Al-qur’an terdapat surat Al-Munafiqun yang artinya orang-orang munafik yang mana surat ini menyebutkan karakter-karakter yang dimiliki orang munafik. Hal tersebut dijelaskan Allah dalam FirmanNya dari ayat 1-9, karakter-karakter tersebut diantaranya sebagai berikut.

a. Pembohong. Orang yang berkata dusta merupakan sallah satu tanda karakter orang muunafik sebab mereka tidak meyakini kebenaran yang mereka katakan, hatinya tidak sesuai dengan lidahnya dalam persaksian.

b. Menjadikan sumpah bohong sebagai perisai menjaga harta dan jiwa mereka agar tidak dibunuh oleh orang kafir.

c. Menghalang-halangi manusia berada di jalan Allah, mereka berupaya dengan sungguh untuk menghalangi manusia masuk Agama Islam.

d. Memiliki amalan dan hat yang buruk, karena mengotori iman dengan kekafiran. Sehingga hati mereka Allah kunci agar mereka jauh dari hidayah dan rahmatNya.

e. Memiliki penampilan yang menarik dan memiliki tutur kata yang indah sehingga orang lain akan terkagum dan terpengaruhi, padahal hati dan bathin mereka rusak dan busuk serta otak mereka kosong dari perial kebenaran.

f. Memiliki prasangka yang buruk, orang munafik mengira setiap teriakan ditujukan untuk mereka. Setiap ada seruan untuk hal yang berkaitan dengan ketentaraan, mereka menganggap bahwa musuh telah datang.

g. Berpaling dan sombong. Orang munfik apabila diminta menemui Rasululah agar dimintakan bagi mereka ampunan atas dosa-dosanya, mereka enggan dan memalingkan kepalanya serta berlaku sombong.

h. Menghalangi orang lain berinfaq, prang munafik menghasut orang lain agar tidak bersedekah kepada orang yang mengikuti Rasulullah , dengan demkian mereka akan kelaparan, sehingga mereka berpaling dari Rasululah.

i. Merasa kuat dan mulia dibandingkan yang lain, serta memandang oramg mu’min orang yang lemah.

 

 

 

Dari uraian di atasa mengenai karakteistik yang dimiliki oleh orang munafik maka dapat disimpulkan orang yang berkata dusta merupakan salah satu tanda atau karakter orang munafik. Dalam Al-qur’an surat Albaqarah ayat 8-20 serta surat Al-Munafiqun ayat 1-8 karakteristik orang munafik disebutkan diantaranya yaitu pendusta atau pembohhong, menghalangi orang lain berbuat kebaikan, jelek amal dan hatinya, berprasangka buruk, memiliki otak yang kosong, memiliki penampilan bagus namun berlainan dengan hati dan pikirannya, sellau melakukan tipu daya, membuka aib orang lain, suka bermain-main dalam halagama, buta, tuli, bisu hati dan pikirannya, bodoh, tidak tetap pendirian, senang berbuat kerusakan, serta berada dalam kesesatan yang nyata ke dalam orang-orang munafik.

Dengan demikian kita hendaknya selalu memperkokoh keimanan kita kepada Allah subhanahu wata’ala serta selalu mengikuti sunnah Rasulullah dengan demikian Allah akan selalu senantiasa menjaga kita dari penyakit hati serta selalu dalam petunjukNya.
Demikianlah sahabat fillah, semoga kita semua tidak tergolong ke dalam orang-orangmunafik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.