Makanan yang lezat namun dapat membahayakan kesehatan hukumnya adalah
Makanan yang lezat namun dapat membahayakan kesehatan hukumnya adalah

Makanan yang lezat namun dapat membahayakan kesehatan hukumnya adalah

Posted on

Makanan yang lezat namun dapat membahayakan kesehatan hukumnya adalah

Berbicara tentang makanan, siapa sih yang bisa hidup tanpa makanan? Makanan merupakan kebutuhan primer yang dikonsumsi makhluk hidup termasuk manusia setiap hari.

Tanpa asupan makanan kita akan mengalami kekurangan energi yang berdampak pada kesehatan tubuh, sehingga akan menghambat aktivitas sehari-hari.

Dalam mengkonsumsi makanan tentu harus diperhatikan tingkat kesehatannya, jangan mengkonsumsi makanan dengan mengandalkan lezat atau tidaknya makanan.

Makanan yang lezat namun dapat membahayakan kesehatan hukumnya adalah makruh. Hal tersebut juga akan menjadi hal percuma, tentunya akan mengancam keberlangsungan hidup kita.

Oleh karena itu, makanan yang sehat harus menjadi prioritas utama daripada makanan yang lezat, karena lezat merupakan penilaian subjektif tergantung selera dari seseorang.

Agar tubuh kita sehat dan bugar alangkah lebih baik kita menhindari makanan yang dapat membahayakan kesehatan, makanan apa saja sih yang termasuk bisa merusak kesehatan?

A.  Jenis-jenis Makanan Membahayakan Kesehatan

Makanan yang lezat namun dapat membahayakan kesehatan hukumnya adalah makruh, berikut jenis-jenis makanan yang tergolong demikian.

1. Daging olahan

Daging olahan merupakan salah satu makanan yang lezat namun dapat membahayakan kesehatan. Makanan yang terbuat dari daging olahan harus dibatasi.

Makanan yang termasuk jenis daging olahan seperti daging ham, kornet dan sosis. Menurut penelitian yang telah dilakukan pakar gizi daging olahan jika sering dikonsumsi akan meningkatkan resiko terkena penyakit jantung, kanker usus dan diabetes.

2. Ikan bermerkuri tinggi

Meskipun ikan memiliki kandungan sumber protein yang baik, tetapi tidak semua ikan baik dikonsumsi.

Ikan yang mengandung kadar merkuri yang tinggi seperti ikan mekerel, ikan kakap putih, tuna sirip biru dan ikan hiu sebaiknya perlu dihindari karena mengandung zat yang berbahaya untuk kesehatan tubuh terlebih lagi pada ibu hami yang akan menyebabkan gangguan perkembangan saraf dan otak bayi dalam kandungan.

3. Daging babi

Daging babi bagi sebagian orang termasuk makanan yang dinilai lezat, namun dari segi kesehatan daging babi dainggap berbahaya dan termasuk makanan yang harus dibatasi.

Hal tersebut dikarenakan daging babi mengandung banyak lemak tak jenuh ganda yang menyebabkan peningkatan resiko tinggi terkena kolestrol, penyakit sirosis, jantung, dan kanker hati.

Dalam daging babi juga terdapat bakteri salmonella dan Campylobacter; terdapat parasite semisal cacing pita; juga mengandung virus, seperti virus hog cholera atau virus hepatitis E.

4. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji atau dikenal dengan junk food merupakan makanan populer, selain dianggap lezat bagi banyak orang junk food juga lebih praktis.

Namun, meskipun memiliki kelebihan tersebut junk food memjiliki kandungan yang rendah nutrisi, mengandung kalori, lemak, gula dan garam yang cukup tinggi, dengan demikianjunk food berbahaya bagi kesehata.

Selain itu, junk food memiliki resiko tinggi terkena penyakit hipertensi, diabetes, kolestrol, dan penyakit jantung.

5. Makanan yang digoreng

Menurut hasil penelitian seseorang yang sering mengonsumsi makanan yang digoreng akan meningkatkan resiko mengalami penyakit jantung, karena mengandung banyak lemak, garam dan kalori. Dengan demikian sebaiknya kita menghindari jenis makanan tersebut.

6. Kue Kering

Kue kering atau cookie sering kita temui dalam cemilan sehari-hari terlebih lagi saat hari raya lebaran, namun kue kering tergolong makanan tidak sehat dan berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan.

Ini karena kue kering yang dijual di pasaran rata-rata terbuat dari gula rafinasi, tepung terigu olahan, dan minyak nabati yang telah terhidrogenasi.

7. Ikan Buntal

Makanan yang lezat namun berbahaya bagi kesehatan lainnya yaitu ikan buntal. Ikan buntal merupaka makanan yang berbahaya jika bisa diolah dengan cara yang tidak tepat.

Daging buntal yang sudah tercemari oleh bagian hati, telur, usus atau kulitnya ketika waktu pengolahan bisa mengakibatkan terganggunya kesehatan bahlan bisa sampai kematian.

Hal tersebut karena hati, usus, telur dan kulit ikan buntal terdapat racun tetrodotoxin yang bahayanya lebih tinggi daripada racun sianida.

8. Minuman Tinggi Gula

Jenis minuman yang memiliki kadar gula yang tinggi, semisal minuman bersoda, jus kemasan, dan minuman berenergi alangkah baiknya dibatasi.

Meskipun menyegarkan dan lezat namun jika dikonsumsi terlalu sering dan dalam jumlah yang banyak, jenis minuman tersebut bisa mengundang resistensi insulin pada tubuh.

Hal tersebut bisa mengakibatkan terkena berrmacam-macam penyakit yang fatal, termasuk penyakit jantung dan diabetes.

9. Makanan Ringan Kemasan

Makanan ringan kemasan sering kita temukan dilingkungan kita, selain memiliki rasa yang enak makanan ringan kemasan juga terbilangpraktis dan ekonomis.

Namun, pada umumnya jenis makanan ini mengandung kalori yang tinggi namun rendah nutrisi. Dengan begitu jenis makanan ini juga tidak baik bagi kesehatan,sebaiknya dibatasi dan dihindari dalam mengonsumsinya.

 

Dalam islam makanan yang lezat namun dapat membahayakan kesehatan hukumnya adalah makruh, hal tersebut bersandarkan pada firman Allah subhanahu wa ta’ala dalam qur’an surat Albaqarah ayat 172, yang artinya:

” Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar kepada-Nya kamu menyembah”.

Selain firman Allah di atas terdapat pula hadits yang menjadi landasan hukum bahwa makanan yang lezat namun dapat membahayakan kesehatan hukumnya adalah makruh, yakni:

Sesungguhnya Allah itu Maha Baik dan tidak menerima kecuali sesuatu yang baik. Dan sesungguhnya Allah telah memerintahkan kaum mukminin dengan perintah yang Allah gunakan untuk memerintahkan para rasul. Maka Allah berfirman; Wahai para rasul, makanlah segala sesuatu yang baik dan beramal baiklah sesungguhnya Aku mengetahui apa yang kalian kerjakan. Dan Allah juga berfirman; Wahai orang-orang yang beriman, makanlah segala sesuatu yang baik yang telah kami berikan kepada kalian. (HR. Muslim).

B.  Jenis-jenis Makanan Sehat

Setelah mengenal makanan yang lezat namun dapat membahayakan kesehatan, lebih baik lagi jika kita mengenal makanan yang menyehatkan tubuh meskipun bagi sebagian orang makanan ini kalah lezat dari makanan yang tidak sehat, yuk simak penjelasannya.

1. Sayuran Hijau

Makanan yang mengandung sayuran hijau menduduki peringkat pertama dalam kategori makanan sehat. Hal tersebut dikarenaka sayuran hijau kaya akan nutrisi penting, misalnya Vitamin (A,C,K), magnesium, serat, zat besi, folat, kalium dan kalsium.

Selain itu dalam sayuran hijau terdapat antioksidan yang berfungsi sebagai pelindung bagi tubuh dari radikal bebas.

2. Buah-buahan

Bukan hanya sayuran, buah-buahan tidak kalah penting dikonsumsi karena kaya akan vitamin yang baik bagi kesehatan tubuh.

Di bawah ini contoh buah-buahan yang mudah didapatkan dan mengandung banyak nutrisi, yaitu:

  • Buah jeruk kaya akan vitamin C
  • Apel mengandung antioksidan, vitamin C dan serat.
  • Buah jenis beri, misalnya buah strawberry, blackberry, dan blueberry. Buah-buahan tersebut¬† terdapat kandungan serat, rendah kalori dan mengandung antioksidan yang tinggi.
  • Alpukat mengandung lemak sehat, kalium juga vitamin C.
  • Pisang tinggi akan kandungan kalium, serta masih banyak lagi buah lainnya.

3. Daging dan Telur

Daging dan telur termask makanan yang kaya akan nutrisi juga menyehatkan, terutama pada daging sapi tanpa lemak dimana terdapat kandunagn zat besi yang paling tinggi juga protein tinggi dibandingkan dengan daging jenis lainnya.

Selain itu, telur juga merupakan makanan yang memiliki nutrisi lengkap seperti protein, mineral, lemak tak jenuh, vitamin bahkan zat antioksidan.

4. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Selanjutnya makanan yang menyehatkan tubuh juga terdapat pada kacang-kacangan dan biji-bijian.

Jenis makanan tersebut mengandung serat yang tinggi juga terdapat kandungan protein, disamping itu makanan tersebut banyak mengandung vitamin dan mineral, seperti magnesium dan vitamin E yang dikenal baik bagi kesehatan kulit.

5. Ikan dan Makanan Laut

Meskipun terdapat beberapa ikan laut yang mengandung merkuriyang tinggi, masih banyak sekali ikan dan makanan laut yang kaya akan nutrisi. Jenis makanan ini banyak mengandung asam lemak, omega-3 dan yodium sehingga jenis makanan tersebut dapat menurunkan resiko terkena berbagai macam penyakit terutama penyakit jantung.

6. Susu

Dalam susu terdapat banyak nutrisi seperti mineral, vitamin, protein hewani berkualitas, dan lemak sehat. Bukan hanya itu, susu ialah salah satu sumber kalsium terbaik.

Cara mengkonsumsi susu bisa bervariasi bukan hanya dalam wujud cair saj namun bisa mengkonsumsi juga produk olahannya seperti keju dan yoghurt.

 

Tubuh yang sehat merupakan aset tama, melalui tubuh yang sehat kita bisa melakukan berbagai aktivitas dalam kegiatan sehari-hari.

Dalam membangun tubuh yang sehat makanan yang dikonsumsi memiliki pengaruh besar dalam kesehatan tubuh.

Dengan mengetahui jenis makanan sehat dan tidak sehat, mulai sekarang kita bisa memilah asupan makanan untuk tubuh kita.

Makanan yang lezat namun dapat membahayakan kesehatan hukumnya adalah makruh, maka sebaiknya harus kita batasi bahkan harus kita hindari, selain itu pola hidup sehat didukung oleh olahraga yang rutin juga istirahat yang cukup.

Dengan demikian jika kita memenuhi semua komponen tersebut maka akan menjadikan tubuh kita senantiasa selalu sehat dan bugar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.