Teks Prosedur
Teks prosedur perintah

Kalimat yang mengandung perintah dalam teks prosedur adalah kalimat

Posted on

Kalimat yang mengandung perintah dalam teks prosedur adalah kalimat

Sahabat bahasa, kali ini penulis akan menguraikan pembahasan mengenai kalimat yang mengandung perintah dalam teks prosedur adalah kalimat yang dikenal dengan istilah apa, dengan demikian terdapat 3 kata kunci dalam pembahasan ini, yaitu kalimat, perintah, dan teks prosedur.

Kalimat merupakan bagian terkecil dari satuan bahasa baik itu dalam bentuk lisan maupun bentuk tulisan yang mana digunakan sebagai sarana untuk mengungkapkan suatu konsep yang terdapat dalam pikiran dan perasaan.

Perintah memiliki makna suatu perkataan atau ucapan yang dituturkan oleh penutur dengan tujuan untuk menyuruh seseorang berbuat atau melakukan sesuatu tindakan sesuai keinginan penutur.

A.  Pengertian Teks Prosedur

Teks prosedur yaitu teks yang di dalamnya memuat langkah-langkah atau tahapan-tahapan yang harus dilakukan dalam melakukan suatu kegiatan atau tindakan untuk mencapai tujuan.

Dalam teks prosedur berisi langkah-langkah, tujuan, dan simpulan (bersifat opsional). Tujuan dalam teks prosedur berisi pengantar, langkah-langkah dalam teks prosedur berisi urutan kegiatan yang akan dilakukan, sedangkan kesimpulan bersifat opsional tidak harus selalu ada dalam teks prosedur.

Ketika dalam melakukan kegiatan tidak sesuai dengan prosedur yang ditetapkan akan menyebabkan tujuan yang diharapkan tidak akan kesampaian.

Berdasarkan pengertian dari kata kunci di atas dapat dikatakan kalimat yang mengandung perintah dalam teks prosedur adalah kalimat teks prosedur jenis perintah.

B.  Jenis Teks Prosedur

Dalam tata bahasa indoonesia, berdasarkan penelitian terdapat lima jenis teks prosedur. Diantaranya yaitu teks prosedur perintah atau intruksi, teks prosedur protokoler, teks prosedur tips/ panduan, teks prosedur/ arahan memproduksi sesuatu, dan teks prosedur resep.

1. Teks prosedur jenis perintah atau instruksi

Kalimat yang mengandung perintah dalam teks prosedur adalah kalimat teks prosedur jenis perintah atau intruksi di dalamnya berisi tentang hal-hal yang harus dikerjakan atau dihindari untuk mencapai suatu tujuan.

2. Teks prosedur jenis protokoler

Jenis teks prosedur protokoler yaitu jenis teks prosedur yang berisi mengenai penjelasan dan deskripsi suatu hal yaitu bisa tentang benda, barang, atau yang lainnya, selain itu teks posedur jenis ini memuat langkah-langkah untuk mendapatkan keguanaan atau manfaatnya.

3. Teks prosedur jenis tips atau panduan

Teks prosedur jenis ini yaitu teks prosedur yang membahas tentang suatu penjelasan mengenai panduan atau petunjuk dalam membuat atau melakukan suatu kegiatan.

4. Teks prosedur jenis prosedur atau arahan

Teks prosedur jenis arahan merupakan teks prosedur yang menerangkan proses atau langkah-langkah dalam mereka cipta suatu benda, barang, dan lainnya yang disertai dengan penjelasan alat dan bahan.

e. Teks prosedur jenis resep

Teks prosedur jenis resep yaitu teks prosedur yang memuat pemaparan alat dan atau bahan untuk menciptakan suatu masakan atau makanan. Selain itu, teks prosedur jenis resep disertai dengan penjelasan langkah-langkah secara terperinci.

Setelah mengetahui pengertian dari setiap jenis teks prosedur yang telah dipaparkan di atas, teks prosedur juga memiliki struktur dan ciri kebahasaan. Hal tersebut akan dijelaskan dalam pemaparan di bawah ini.

C.  Struktur dan Ciri Kebahasaan Teks Prosedur
1. Struktur Teks Prosedur

Teks prosedur mempunyai struktur pembangun teks yang mana setiap jenis teksnya memiliki struktur yang bervariasi. Secara umum struktur yang biasa terdapat dalam teks prosedur meliputi pengantar atau pembuka, tujuan, deskripsi, alat dan bahan, langkah-langkah dan simpulan.

Namun, tidak semua komponen dalam struktur tersebut harus ada dalam setiap prosedur, ada beberapa komponen struktur yang bersifat opsional atau pilihan, artinya komponen tersebut boleh tidak ada dalam teks prosedur. Akan tetapi ada komponen yang mutlak adadalam struktur pada semua teks prosedur yaitu komponen tujuan dan deskripsi.

Teks prosedur jenis perintah atau instruksi, protokoler, dan tips atau panduan memiliki strukur yang terdiri dari pengantar atau pembuka, tujuan, dan deskripsi.

Teks prosedur jenis protokoler memiliki struktur kebahasaan yaitu meliputi pengantar atau pembuka, tujuan, alat dan bahan, langkah-langkah, dan simpulan.

Selanjutnya, teks prosedur jenis resep memiliki strukur kebahasaan yang terdiri dari alat dan bahan yang diperlukan serta langkah-langkah pembuatan.

Dengan demikian dalam teks prosedur jenis perintah atau instruksi, jenis protokoler, jenis tips atau panduan tidak mempunyai struktur opsional yang berupa alat dan bahan, langkah-langkah, dan simpulan.

Sedangkan, dalam teks prosedur jenis resep tidak adanya struktur opsional yang berbentuk pengantar atau pembuka dan simpulan.

Selain itu, dalam teks prosedur jenis resep tidak memiliki struktur yang berupa tujuan dan deskripsi. Maka, struktur teks yang dimiliki teks prosedur jenis resep dapat dikatakan tidak lengkap karena tidak terdapat struktur yang wajib ada.

2. Struktur Kebahasaan Teks Prosedur

Suherli, dkk. (2017: 20) memaparkan bahwa teks prosedur secara umum memiliki ciri kebahasaan, yaitu sebagai berikut.

  • Memakai banyak kata kerja perintah (imperatif), yakni kata kerja yang dibentuk dengan sufiks atau akhiran –kan, -i, dan partikel –lah. Sebagai contoh kata kerja imperatif yaitu: “Hindari pemakaian pembersih yang memiliki komposisi dari bahan kimia karena dapat membahayakan lapisan ozon”, “Siapkan dulu alat dan bahan berikut”, dan sebagainya.
  • Menggunakan banyak kata teknis yang berhubungan dengan topik bahasan. Sebagai contoh kata teknis yang terdapat dalam teks prosedur jenis protokoler yang berjudul “Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan”, yaitu berat badan, kalori, vitamin, stamina, dan sebagainya.
  • Menggunakan banyak konjungsi atau kata hubung dari komponen yang memiliki makna penambahan. Berikut merupakan contoh kalimat yang terdapat kata hubung konjungsi yaitu: “Celupkan tusuk gigi ke dalam sabun cuci piring, lalu oleskan pada bagian dalam sisi celah segitiga terbalik”, “Buat celah pada bagian dasarnya dengan lubang berbentuk segitiga terbalik kecil sehingga bentuknya mirip perahu”, dan sebagainya.
  • Menggunakan banyak pernyataan persuasive atau kata ajakan. Contoh kalimat yang mengandung pernyataan persuasif, yaitu: “Akhir pekan ini kakak ajak kalian bikin proyek sains buat melepas penat”, “Nah supaya lapisan ozon tidak semakin rusak, Sobat Belia harus mengubah perilaku, dan sebagainya.
  • Menggunakan deskripsi terperinci mengenai benda, alat dan bahan yang akan digunakan, seperti ukuran, jumlah, dan warna ,jika teks prosedur itu jenis resep dan panduan penggunaan alat. Sebagai contoh, yaitu: 1500 air mineral, 1 lembar daun salam, 2 sdm garam, dan sebagainya.

 

Sahabat bahasa, seperti yang kita ketahui banyak sekali pengetahuan mnegenai kalimat dalam tataran bahasa indonesia. Berdasarkan pembahasan di atas, kini sahabat bahasa telah mengetahui mengenai teks prosedur. Baik itu jenis-jenisnya, struktur, dan ciri kebahasaan yang terdapat dalam teks prosedur.

Teks prosedur dari hasil penelitian terdapat 5 jenis, diantaranya teks prosedur jenis perintah yang di dalamnya terdapat kalimat yang mengandung perintah dalam teks prosedur adalah kalimat imperatif, kemudian teks prosedur protokoler, teks prosedur panduan atau tips, teks prosedur arahan, dan teks prosedur resep.

Meskipun banyak sekali pengelompokkan mengenai kalimat diharapkan dengan adanya pembahasan ini bisa menambah wawasan sahabat bahasa dalam berbahasa Indonesia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.